Skip to main content

follow us


Apa itu Insurance Kendaraan ? Bagi anda yang mempunyai mobil tentunya tidak asing lagi asuransi kendaraan, bukan? Kali ini AsuransiD akanmemberikan pembahasan seputar perlindungan kepada mobil dan kendaraan lain dari ancaman kerusakan dan kerugian di masa depan.

Insurance kendaraan memiliki fungsi untuk memberikan perlindungan dari kerusakan fisik dan kehilangan akibat dari kecelakaan yang dialami oleh pemilik, seperti bencana tabrakan, benturan, terserempet dan kerugian lainnya.

Di negara kita sendiri, banyak sekali jumlah kendaraan bermotor yang dimiliki oleh masyarakat, seiring semakin berkembangnya teknologi, majunya infrasruktur dan harga kendaraan yang semakin terjangkau. Hal ini juga membuat perusahaan insurance untuk mengeluarkan produk perlindungan khusus untuk kendaraan bermotor bagi orang orang di indonesia.

Insurance mobil merupakan cara melindungi keuangan kalau sesuatu yang tidak terduga terjadi pada mobil anda.Kalau terjadi kecelakaan, insurance mobil akan membayar biaya besar untuk memperbaiki mobil anda, mobil atau properti orang lain, bahkan biaya rumah sakit kalau anda atau orang lain terluka.

Baca juga : Rahasia Supaya Pengajuan Klaim Asuransi Kendaraan Cepat Diterima

Menemukan insurance mobil yang tepat bukan hanya masalah menemukan harga terbaik. Tapi, pastikan juga anda mendapatkan penawaran terbaik sesuai dengan kebutuhan.

Selain itu, anda juga harus memastikan supaya semua biaya diganti semaksimal mungkin kalau sesuatu yang tidak terduga terjadi. Tapi, tentunya anda tidak dapat menduga terjadinya kecelakaan atau bencana seperti, banjir, atau hal-hal lain yang dapat merusakkan mobil anda.

Kecelakaan juga bukan satu-satunya alasan. Begal dan pencurian kendaraan semakin hari semakin meningkat di mana-mana. Tidak hanya di kota besar, tempat-tempat kecil dan sepi pun sangat sering menjadi incaran kejahatan. Risiko kehilangan kendaraan terus meningkat.

Oleh sebab itu, dengan insurance mobil yang tepat, anda dapat lebih tenang sebab tidak perlu khawatir untuk mengeluarkan terlalu banyak biaya untuk memperbaikinya. Itu singkat mengenai pengertian dari insurance kendarann.

Macam Insurance Kendaraan


Pada dasarnya insurance kendaraan terbagi menjadi 2 macam yaitu All Risk atau sering disebut sebagai asuransi Comprehensif dan juga asuransi kendaraan yang bersifat TLO (Total Loss Only)

Tetapi sekarang anda dapat menggabungkan dua jenis insurance ini menjadi insurance kombinasi. AsuransiD akan jelaskan macam insurance yang pertama yaitu:

Insurance All Risk atau Comprehensif


All Risk dapat diartikan menjadi ‘segala risiko’. Insurance ini disebut juga Comprehensive atau keseluruhan. Insurance akan memberikan uang klaim bagi semua macam kerusakan, mulai dari kerusakan ringan, rusak berat, hingga kehilangan.

Berbeda dengan TLO, lecet sedikit saja pada mobil, insurance akan membayarkan klaim insurance. Supaya tidak salah pilih, anda dapat bandingkan insurance mobil All Risk dan insurance mobil TLO terbaik untuk kendaraan anda.

All Risk dapat diartikan menjadi ‘segala risiko’. Insurance ini disebut juga Comprehensive atau keseluruhan. Perusahaan insurance akan memberikan klaim untuk segala macam kerusakan, mulai dari kerusakan ringan, rusak berat, hingga kehilangan.

Baca juga : 10 Perusahaan Asuransi Terbaik di Dunia yang Harus Kamu Punya

Berbeda dengan TLO, lecet sedikit saja pada mobil, insurance akan membayarkan klaim insurance. Produk insurance mobil dengan macam All Risk pembiayaannya lebih mahal daripada macam TLO. Supaya tidak salah pilih, anda dapat bandingkan insurance mobil All Risk dan insurance mobil TLO terbaik untuk kendaraan anda.

Insurance TLO (Total Loss Only)


Secara sederhana Total Loss Only (TLO) berarti “hanya (jika) kehilangan total”. Berarti klaim insurance hanya dapat diajukan apabila terjadi ‘kehilangan total’. Dalam insurance mobil, pengertian dari kehilangan total merupakan kerusakan yang terjadi di atas 75% atau kehilangan pencurian ataupun sebab perampasan.

Apabila kerusakan yang dialami kurang dari itu, Anda tidak akan mendapatkan ganti rugi atas kerusakan. Patokan 75% diambil sebab mobil dipastikan tidak dapat digunakan lagi.

Insurance Kombinasi


Macam insurance ini merupakan kombinasi dari insurance All Risk atau Comprehensif dan Total Lost Only (TLO). Artinya segala macam kerusakan dari kecil sampai rusak parah dan juga kehilangan dapat tercover oleh insurance ini.

Dengan mengambil insurance macam ini, maka kendaraan Anda tercover insurance pada setiap macam resiko. Beberapa perusahaan insurance memberikan pilihan seperti pada tahun pertama, pertanggungan yang diberikan adalah comprehensive, lalu di tahun ke 2 adalah Total Lost Only.

Jadi sebelum anda mengajukan insurance untuk kendaraan anda, jadi anda sudah tau insurance kendaraan mana yang harus anda gunakan sesuai dengan kebutuhan anda. Masuk ke pembahasan yang selanjutnya pasti anda bertanya-tanya apa sih manfaat yang di berikan jika anda menggunakan insurance kendaraan ?

Manfaat Insurance Kendaraan


Memproteksi dari Ancaman Kerusakan Kendaraan


Terkadang, meskipun Anda sudah sangat berhati-hati saat mengemudikan kendaraan Anda, tetap saja dapat terjadi kecelakaan, baik itu kecelakaan kecil atau besar.

Seberapapun kecilnya dampak kecelakan itu, biaya untuk membuatnya kembali seperti semula membutuhkan uang yang tidak sedikit. Namun dengan adanya insurance kendaraan, biaya tersebut akan lebih murah daripada harga pasaran.

Mendapatkan layanan tambahan


Pada saat anda mengalami sesuatu hal di jalan, beberapa perusaaan insurance menawarkan berbagai layanan tambahan, semisal fasilitas hotline 24 jam, dan derek mobil. Layanan mobil pengganti bermanfaat pada saat mobil yang diinsurancekan sedang dalam proses perbaikan di bengkel, sehingga aktifitas keseharian anda tidak terganggu.

Baca juga : Contoh Skripsi Tentang Asuransi Untuk Ide Penelitian Mahasiswa

Itu manfaat yang anda dapat dapatkan jika anda menggunakan insurance untuk kendaraan anda, pastinya sangat bermanfaat kan. Jika keseharian anda bekerja menggunakan kendaaraan seperti mobil atau motor pribadi, sebaiknya anda gunakan insurance untuk kendaraan anda, Supaya anda merasa aman dan tidak perlu pusing jika anda mengalami musibah yang tidak anda inginkan.

Membantu Bertanggung Jawab Pada Pihak Ketiga


Saat terjadi kecelakaan yang melibatkan pihak ketiga, biasanya Anda akan kesulitan dalam menghadapinya dan membutuhkan uang yang besar untuk memberikan tanggung jawab terhadapnya. Anda akan membutuhkan biaya untuk hukum dan profesional.

Bila Anda memiliki insurance kendaraan bermotor, pihak insurancelah yang akan mengambil alih tanggung jawab Anda atau pengendara Anda jika terjadi kecelakaan itu. Jadi Anda tidak perlu pusing dan membayar mahal untuk bertanggung jawab.

Melindungi dari Ancaman Pencurian Kendaraan


Harga beli kendaraan bermotor tidaklah murah, jadi sudah pasti Anda akan sangat menjaga supaya kendaraan Anda tetap aman dan tetap menjadi milik Anda. Tetapi musibah dapat terjadi kepada siapa saja, kapan saja, dan dimana saja.

Meski sudah menjaganya sedemikian rupa, resiko pencurian kendaraan selalu ada. Jadi, yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kendaraan Anda dari resiko pencurian adalah dengan insurance kendaraan. Jika kendaraan Anda dicuri, pihak insurance akan memberikan sejumlah dana yang besarannya sesuai dengan ketentuan dari pihak insurance.

Premi Insurance Kendaraan


Semua manfaat insurance kendaraan ini dapat Anda rasakan asalkan Anda mau membayarkan premi kepada pihak insurance. Besarnya harga premi yang Anda bayarkan berdasarkan pada beberapa pertimbangan, yaitu:

Macam Harga Kendaraan


Hal pertama yang dipertimbangkan sebelum menentukan biaya premi insurance kendaraan adalah macam kendaraan Anda. Macam kendaraan umumnya dibagi menjadi 3 macam, yaitu kendaraan non bus dan non truk, kendaraan bus dan truk, dan kendaraan roda dua.

Baca juga : 10 Situs Asuransi Terbaik di Indonesia sebagai Media Belajar

Pembagian berdasarkan macam kendaraan ini berlaku untuk produk insurance Total Loss Only (TLO) dan All risk. Setelah selesai mengkategorikan macam kendaraan, harga kendaraan juga menjadi pertimbangan sebelum akhirnya biaya premi insurance Anda ditentukan. Harga kendaraan juga kan dikategorikan ke beberapa kategori. Semakin mahal harga kendaraan Anda, semakin mahal premi yang harus Anda bayarkan.

Wilayah Pertanggungan Insurance Kendaraan


Setelah mempertimbangkan macam dan harga kendaraan, wilayah pertanggungan adalah pertimbangan berikutnya. Wilayah pertanggungan dibagi menjadi tiga bagian, yakni wilayah 1 yang mencakup Nanggroe Aceh Darussalam, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Kepulauan Riau, Sumatra Selatan, Bangka-Belitung, Lampung, Bengkulu, dan Jambi.

Wilayah 2 mencakup Jakarta, Banten, Bandung, Cirebon, Bogor, Purwakarta, Karawang, Subang, Garut, Tasikmalaya, Sumedang, Ciamis, dan Banjar.

Wilayah 3 mencakup wilayah-wilayah yang tidak tercakup pada wilayah 1 dan 2. Pertimbangan ini juga berlaku untuk produk TLO dan All Risk.

Umur Kendaraan


Hal terakhir yang menjadi pertimbangan penentuan harga premi adalah umur kendaraan Anda saat masuk ke insurance. Fasilitas dan aturan insurancenya juga berbeda-beda tergantung pada masing-masing perusahaan insurance.

Baca juga : Begini Cara Menjual Asuransi Lewat Telepon dan WA

Semakin tua umur kendaraan Anda, biasanya harga preminya akan lebih mahal. Seperti aturan yang ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yakni ada penambahan 5% per tahun untuk setiap kendaraan yang sudah berumur di atas 5 tahun dan hanya berlaku untuk macam insurance All Risk.
Insurance Mobil

Hal yang penting sebab berpengaruh pada keselamatan jiwa Anda, keuangan Anda, dan juga orang lain. Akan lebih baik jika Anda mendaftarkan kendaraan Anda untuk insurance kendaraan saat Anda baru memiliki kendaraan itu sebab selain lebih murah

Selain itu hal ini juga akan memperkecil kerugian yang mungkin terjadi pada Anda dan kendaraan Anda. Daftarkan kendaraan Anda supaya selalu terlindungi. Segera daftarkan kendaraan anda di insurance kendaraan yang sudah terbukti dan memiliki pengalaman dibidangnya.

Semoga dengan membaca artikel mengenai Jenis Asuransi Kendaraan, Pengertian, Tujuan dan Cara Klaimnya kali ini, bisa memperkaya referensi mu mengenai jenis asuransi kendaraan ini, dan menyadari betapa pentingnya perlindungan terhadap kendaraan, sebagai salah satu aset yang bernilai harganya. Jangan lupa share artikel ini di media sosial ya, terimakasih.

You Might Also Like:

Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar