Skip to main content

follow us


Seperti yang kita ketahui Taspen adalah salah satu perusahaan asuransi milik pemerintah, disebut juga sebagai BUMN di bidang asuransi atau tabungan pensiun. PT Taspen cara khusus menangani dana pensiun Pegawai Negeri Sipil. Taspen sendiri berasal dari kepanjangan dana tabungan dan asuransi pegawai negeri

Lalu bagaimana cara mencairkan atau mengklaim asuransi Taspen ini secara offline dan online? Kali ini asuransid akan membahas mengenai panduan tersebut, silahkan simak pembahasannya dibawah.

Sebelumnya ada baiknya kita membahas mengenai Taspen terbaik terlebih dahulu PT Taspen pertama kali dibentuk dari apa yang disebut sebagai adanya Administrasi Publik tradisional sebelum kolonialisme Belanda. Pemerintah Belanda pada saat itu mengeluarkan peraturan mengenai pemberian pensiun bagi semua pegawai gubernemen yang berkebangsaan Indonesia.

Baca lainnya : Cara Klaim dan Pengajuan Santunan Asuransi Jasa Raharja

Pembentukan PT Taspen berdasarkan dari undang-undang nomor 11 tahun 1969 mengenai pensiun Pegawai dan pensiun istri atau suami pegawai. Hal ini juga memfasilitasi undang-undang nomor 11 tahun 1992 mengenai dana pensiun dan undang-undang No 40 tahun 2004 mengenai sistem jaminan sosial nasional..

Cara Klaim asuransi Taspen


Langkah pertama untuk mengklaim asuransi taspen adalah memastikan bahwa kamu sudah terdaftar dalam asuransi taspen, kemudian lengkapi persyaratan dibawah ini :

Foto copy Laporan Kecelakaan Kerja Tahap 1 (Form TASPEN-1)
Formulir Permintaan Pembayaran
Foto copy KTP Pemohon
Foto copy Buku Tabungan
Laporan Kecelakaan Kerja Tahap II (Form TASPEN-2), apabila dinyatakan sembuh atau cacat atau meninggal dunia
Surat Keterangan Dokter (Form TASPEN-3) atau Surat Keterangan Dokter Penyakit Akibat Kerja, apabila dinyatakan Penyakit Akibat Kerja
Surat Rujukan Dokter apabila memerlukan perawatan lebih lanjut
Kwitansi biaya perawatan dari rumah sakit atau fasilitas kesehatan
Laporan Kepolisian, apabila merupakan Kecelakaan Lalu Lintas
Keterangan Kronologis dari instansi (apabila bukan merupakan Kecelakaan Lalu Lintas)

Baca juga : Harus tahu, 8 Tahapan Pengajuan Klaim Asuransi Kesehatan

Setelah melengkapi persyaratan diatas, segera kunjungi kantor taspen di deerahmu. Baca kembali klausul atau perjanjian asuransi sebelum mengajukan klaim, apakah kerugian yang terjadi, bisa dicover dan termasuk dari perjanjian asuransi sebelumnya.

Selengkapnya, kamu bisa mengunjungi alamat : e-klim.taspen.com/mservices/JKK/homePersyaratan.php untuk membaca prosedur dan persyaratan asuransi taspen secara lebih lengkap dan terperinci.

Perusahaan ini terus memperbaiki kualitas layanan ya hingga saat ini sudah membuka jasa klaim secara online dan menggunakan aplikasi mobile di perangkat smartphone milik penggunanya.

Jadi para pensiunan cukup memberikan nomor rekening dan menggunakan aplikasi mobile dari PT Taspen ini yang nantinya perusahaan Taspen akan mentransfer dana pensiun langsung tanpa harus antri di kantor cabang PT Taspen di berbagai daerah

Selain itu untuk memudahkan para pensiunan mendapatkan dana PT Taspen juga menyediakan mobil atau bus Taspen keliling Untuk menjangkau daerah-daerah terpencil yang belum memiliki kantor cabang. Mobil keliling ini akan melayani pencairan klaim Taspen secara fleksibel dan berpindah-pindah.

Baca juga : Ayo download 7 Aplikasi Asuransi Terbaik untuk Smartphone Kamu

Demikian artikel mengenai Cara Klaim Asuransi Taspen secara Offline dan Online Terbaru kali ini, semoga kalian pengunjung asuransid bisa mendapatkan manfaat dari membaca panduan diatas. Jangan lupa share tulisan ini di media sosial kalian ya. Terimakasih sudah berkunjung di asuransid.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar