Skip to main content

follow us


Apakah kamu pernah membeli produk asuransi? Tahukah kamu apa itu asuransi? bagi masyarakat saat ini asuransi merupakan salah satu cara berinvestasi sekaligus perlindungan bagi diri sendiri keluarga tahu aset yang dimiliki dari segala resiko yang bisa saja terjadi kapan saja.

Mengapa asuransi sangat penting? fungsi asuransi yang paling utama adalah untuk memberikan bantuan kepada pemegang polis yang sudah membayarkan premi secara berkala. nantinya apabila suatu resiko seperti kecelakaan, kematian, kebangkrutan tabung segala hal yang menyebabkan kerugian, bisa ditangani oleh perusahaan asuransi.

Jadi secara singkat kita mengalihkan tanggung jawab pembayaran kerugian tersebut kepada pihak asuransi, Sesuai dengan kesepakatan yang sudah dilakukan sebelumnya.

Asuransi menjadi salah satu jasa keuangan yang sangat berkembang saat ini. walaupun penggunaannya digunakan untuk masyarakat perkotaan, dan sangat jarang digunakan oleh masyarakat pedesaan atau Kaum marginal lainnya.

Baca juga : Kata Asuransi Bijak Terbaru untuk Caption dan Status

Hal ini mungkin didasarkan atas tingkat kesadaran masyarakat yang masih rendah terhadap pentingnya asuransi. seperti misalnya petani atau nelayan yang kurang sosialisasi mengenai pentingnya perlindungan terhadap bisnis atau aset yang mereka miliki.

Pada kesempatan kali ini asuransid akan memberikan penjelasan mengenai materi yang bisa kamu gunakan untuk referensi pembuatan makalah asuransi mu. makalah merupakan salah satu karya tulis ilmiah yang banyak dikerjakan oleh mahasiswa ataupun pelajar.

Makalah yang baik dan benar harus di ditulis berdasarkan kaidah penulisan karya tulis ilmiah. dikerjakan secara runtut, sistematis dan memperhatikan penulisan dan sumber pengutipan.

Kamu juga harus mengambil berbagai macam materi asuransi dari berbagai buku, jurnal skripsi ataupun situs yang terpercaya seperti asuransid ini. Baiklah langsung saja kita akan membahas makalah asuransi ini secara lebih detail di bawah ini.

Kata Pengantar


Puji syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan yang Maha Esa yang telah memberikan kesempatan kepada tim penulis untuk menyelesaikan makalah ini, demi menyelesaikan tugas mata kuliah bank dan lembaga keuangan.

Semoga makalah ini dapat memberikan manfaat kepada penulis dan juga pembaca. Makalah ini dibuat dengan beberapa bantuan dari berbagai pihak untuk membantu menyelesaikannya. Dan oleh karena itu kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini.

1. Pendahuluan


Latar Belakang


Pentingnya asuransi berawal dari kesadaran manusia akan pentingnya manajemen resiko, yang mungkin akan terjadi pada dirinya sendiri. Tidak seorang pun yang dapat meramalkan apa yang akan terjadi di masayang akan datang secara sempurna, maka oleh karena itu perlu adanya perlindungan terhadap ketikpastian tersebut.

Baca juga : Definisi Perusahaan Asuransi, Contoh, Jenis dan Manfaatnya

Ada banyak resiko yang bisa saja terjadi, seperti kematian, sakit, cacat, atau risiko dipecat dari pekerjaan atau mengalami kebangkrutan. Dalam dunia bisnis, risiko yang dapat dihadapi berupa risiko akibat kebakaran, kerusakan atau kehilangan dan resiko lain yang bisa membuat rugi secara finansial.

Rumusan Masalah


Dari penuturan latar belakang diatas, maka diambillah rumusan masalah yang dapat membawa kita pada beberapa pertanyaan, seperti :

1. Apa pengertian Asuransi?
2. Bagaimana pengaturan Asuransi di Indonesia?
3. Apa manfaat Asuransi?

Tujuan Penulisan Makalah


Tujuan penulisan makalah merupakan jawaban dari rumusan masalah yang sudah ditentukan sebelumnya, yaitu sebagai berikut :

1. Untuk mengetahui defenisi asuransi, baik secara umum maupun menurut pakar
2. Untuk mengetahui kondisi Peraturan Asuransi di Indonesia
3. Untuk mengetahui manfaat Asuransi

Pembahasan


Pengertian Asuransi


Meskipun sudah dijelaskan secara sekilas mengenai definisi asuransi pada awal pembahasan diatas, nanmun ada baiknya dalam makalah ini kita bahas lebih detail mengenai pengertian asuransi. Pada dasarnya asuransi merupakan suatu mekanisme proteksi atau jasa perlindungan dari risiko kerugian (keuangan, kesehatan, kematian) dengan cara mengalihkan risiko kepada pihak lain (dalam hal ini perusahan asuransi).

Apa itu perusahaan asuransi ? Perusahaan asuransi adalah suatu lembaga keuangan non-bank yang memiliki fungsi tidak jauh berbeda dengan bank, yaitu bergerak dalam bidang layanan jasa dalam hal mengatasi resiko yang akan terjadi di masa yang akan datang. Kamu bisa baca post asuransid mengenai 10 Daftar perusahaan Asuransi Terbaik di Dunia Disini.

Kita lanjut pada definisi asuransi, kita analisis lebih lanjut lagi. Bahwa asuransi bisa dijelaskan sebagai tindakan, sistem, dan atau bisnis dimana perlindungan finansial atau ganti rugi secara finansial untuk jiwa, properti, kesehatan dan lain sebagainya demi mendapatkan penggantian dari peristiwa yang tidak bisa diduga yang dapat terjadi seperti kematian, kehilangan, kerusakan atau sakit. Hal ini melibatkan pembayaran premi secara berkala dalam jangka waktu tertentu sebagai ganti polis yang menjamin perlindungan tersebut.

Pengertian Asuransi berdasarkan Undang-Undang No.2 Tahun 1992, suatu perjanjian antara dua pihak atau lebih yang mana pihak penanggung mengikatkan diri kepada tertanggung dengan menerima premi asuransi untuk memberikan penggantian kepada tertanggung karena kerugian, kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharapkan, atau tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga yang mungkin akan diderita tertanggung yang timbul dari suatu peristiwa yang tidak pasti, atau untuk memberikan suatu pembayaran yang didasarkan atas meninggal atau hidupnya seseorang yang dipertanggungkan.

Menurut Wiryono Prodjodikoro, Asuransi merupakan bentuk persetujuan yang dimana pihak menjamin berjanji terhadap pihak yang dijamin, untuk menerima sejumlah uang sebagai pengganti kerugian, yang mungkin diderita oleh yang dijamin, karena diakibatkan dari suatu peristiwa yang belum jelas.

Berdasarkan pendapat Mark R. Green Asuransi merupakan bentuk lembaga ekonomi yang bertujuan untuk mengurangi suatu risiko, dengan jalan mengkombinasikan dalam suatu pengelolaan sejumlah objek yang cukup besar jumlahnya, yang sehingga kerugian tersebut secara menyeluruh bisa diramalkan dalam batasan tertentu.

Baca juga : 3 Cara Menghindari Investasi Asuransi Bodong dan Palsu

Menurut Arthur William, Asuransi memiliki 2 sudut pandang, ekonomi dan hukum. Asuransi pertama merupakan sebuah pengaman terhadap suatu kerugian finansial yang dilakukan oleh seoraang penanggung.

Manfaat Asuransi


Produk asuransi jelas memiliki manfaat yang signifikan, karena itu produk ini begitu digemari di luar negeri, karena berhasil memberikan rasa aman bagi pelaku bisnis dan ekonomi lainnya. Adapun beberapa manfaat yang bisa kita rasakan apabila kita memiliki produk asuransi ini antara lain :

Rasa aman dan perlindungan, karena produk asuransi jelas akan memberikan rasa aman dari risiko atau kerugian yang mungkin menimpa. Kalau risiko atau kerugian tersebut benar terjadi dikemudian hari, maka pihak tertanggung berhak atas nilai kerugian sebesar nilai polis atau ditentukan berdasarkan perjanjian antara tertanggung dan penanggung

Mendistribusikan biaya dan manfaat yang lebih adil, memperhitungkan dan menentukan nilai pertanggungan dan premi yang harus ditanggung oleh pemegang polis secara berjangka dengan memperhatikan faktor yang berpengaruh dalam asuransi.

Untuk mendapatkan nilai pertanggungan, pihak penanggung sudah membuat perhitungan matang supaya tidak merugikan kedua belah pihak. Semakin besar nilai pertanggungan, semakin besar pula premi berkala yang harus dibayar

Sebagai jaminan untuk memperoleh kredit, asuransi juga bisa dijadikan sebagai jaminan samahal nya dengan produk investasi lain seperti deposito dan saham. Jadi jangan ragu untuk memiliki asuransi, karena bisa dijadikan aset

Menjadi tabungan dan sumber pendapatan, karena premi yang dibayar setiap jangka waktu tertentu mempunyai substansi yang sama dengan tabungan. Pihak penanggung juga memperhitungkan bunga atas premi yang dibayarkan dan juga bonus, sesuai dengan perjanjian kedua belah pihak

Menjadi alat penyebaran risiko, yang seharusnya ditanggung oleh tertanggung ikut dibebankan juga pada penanggung dengan imbalan besaran premi sesuai kesepakatan yang didasarkan atas nilai pertanggungan

Meningkatkan kegiatan usaha, hal ini karena investasi yang dilakukan oleh para investor dibebani dengan risiko kerugian yang bisa diakibatkan oleh berbagai macam sebab (pencurian, kebakaran, kecelakaan, dan lain-lain)

Baca juga : Cara Klaim dan Pengajuan Santunan Asuransi Jasa Raharja

Demikianlah pembahasan mengenai makalah dan materi asuransi yang bisa kami berikan kepada kalian. Semoga bisa menjadi sumber referensi yang bermanfaat. silahkan bagikan tulisan ini ke media sosial untuk membantu teman-teman yang lain dalam pengerjaan makalah asuransi. Terima kasih sudah mengunjungi asuransid.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar