Cara Klaim dan Pengajuan Santunan Asuransi Jasa Raharja


Siapa yang tidak kenal asuransi jasaraharja? Salah satu perusahaan asuransi nasional ini memang fokus memberikan layanan perlindungan untuk keselamatan lalu lintas. Jadi apabila kamu mengalami kecelakaan, selama kamu membayar pajak kendaraaan, biasanya itu semua include dengan asuransi jasaraharja.

Sebelumnya asuransid kali ini akan membahas terlebih dahulu mengenenai sejarah perusahaan asuransi jasaraharja. Perusahaan ini memiliki sejarah panjang hingga menjadi perusahaan yang kita kenal saat ini. Perusahaan ini merupakan hasil dari nasionalisasi perusahaan milik Belanda waktu itu, menjadi Perusahaan Negara Asuransi Kerugian (PNAK).

Lalu kita loncat lagi pada 1 Januari 1994 hingga saat ini perusahaan ini melepaskan jenis usaha asuransi non wajib dan surety bond. Mereka lebih fokus terhadap pengadaan jaminan sosial berupa Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang sebagaimana diatur dalam Undang Undang Nomor 33 tahun 1964.

Baca juga : 10 Perusahaan Asuransi Terbaik di Dunia, kamu Harus Punya

Lalu bagaimana prosedur pengajuan atau klaim jaminan sosial ini? Banyak orang yang bertanya-tanya, karena memang dari dulu tidak memiliki pengetahuan yang cukup mengenai sistem kerja nya. atau ada juga yang tidak perduli, baru merasa perlu apabila sudah mengalami kecelakaan dan merasakan biaya perobatan yang memberatkan.

Prosedur pengajuan / klaim asuransi jasa raharja


Oke lansung saja kita mulai, ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan santunan jaminan sosial dari jasa raharja, antara lain sebagai berikut :

Langkah 1


Setelah memastikan kamu sudah membayar pajak kendaraan (apabila milik pribadi) dan membayar tiket (untuk kendaraan umum), maka kamu harus melengkapi dan mengisi formulir yang telah disediakan oleh pihak Jasa Raharja dan melengkapi data diri anda.

Langkah 2


Pastikan membawa dokumen dan bukti yang sah dan lengkap, sesuai dengan permintaan Jasa Raharja, hal ini tentunya untuk mempermudah untuk klaim dan pencairan dana santunan.

Langkah 3


Dokumen yang diberikan kemudian akan diteliti dan diproses oleh pihak Jasa Raharja, selama proses pengajuan santunan akan dimulai, kamu harus menunggu. Lamanya tergantung dari kelengkapan dokumen dan banyak tidaknya pengajuan klaim pada waktu bersamaan

Langkah 4


Hal yang harus kamu ketahui adalah beberapa detail dari biaya santunan yang diberikan oleh jasa raharja sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan RI No.15 dan 16/PMK.010/2017 Tanggal 13 Februari 2017, besaran santunan bagi korban kecelakaan lalu lintas darat/laut/udara yaitu sebagai berikut :




Untuk Ahli Waris dan Kadaluarsa Santunan yaitu :




Baca juga : Mengenal Jenis Asuransi Jasindo, Cara Klaim, dan Besaran Preminya

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Klaim dan Pengajuan Asuransi Jasa Raharja kali ini, semoga kita semua terselamatkan dari resiko kecelakaan lalu lintas. Maka tertiblah berkendara untuk meminilisir kerugian akibat kecelakaan tersebut. Jangan lupa bagikan tulisan ini, terimakasih sudah berkunjung di AsuransiD ya.

Belum ada Komentar untuk "Cara Klaim dan Pengajuan Santunan Asuransi Jasa Raharja"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel