Skip to main content

follow us


Bekerja menjadi seorang agen asuransi memang menjadi tantangan tersendiri bagi anda yang menyukai dunia asuransi. Berbagai prospek yang ada harus dihadapi untuk mendapatkan klien asuransi yang nantinya akan menjadi income untuk anda. Namun beberapa orang ada yang merasa pekerjaan sebagai agen asuransi sulit, sehingga awal nya terasa sangat menyita waktu dan tenaga.

Pada dasarnya bekerja sebagai agen asuransi, sama saja dengan bekerja dibidang marketing lainnya. anda harus bisa memiliki dan menerapkan ilmu komunikasi bisnis yang mumpuni, agar setiap prospek anda berkata "iya" ketika anda menawarkan produk kepadanya.

Namun ada hal lain yang menjadikan anda cukup berpikir untuk berhenti dan mencari pekerjaan lain, yaitu kebosanan. Anda bisa bosan mencari prospek atau calon klien apabila tidak tahu tekniknya. Bagaiman pun kebosanan juga akan selalu melanda setiap orang yang bekerja.

Baca juga : Tips Membeli Asuransi Kesehatan yang Bagus dan Sesuai dengan Kebutuhan

Pertanyaan selanjutnya adalah, bagaimana caranya menghadapi kebosanaan tersebut? Apakah memang kita harus menurutinya atau justru melawan dan menghadapinya? Pada pembahasan kali ini AsuransiD akan membahas bagaimana caranya mengatasi kebosanan tersebut.

Bercanda dan bercengkrama dengan agen asuransi lain


Pada jam kosong di sela pekerjaan, biasanya kebosanan akan datang menghampiri.  Terlebih jika pekerjaan anda sudah selesai dikerjakan. Untuk mengusir rasa bosan tersebut, anda dapat memanfaatkan sisa waktu jika sekedar bercanda atau bercengkrama dengan sesama agen asuransi.

Ngemil atau makan makanan ringan


Ada kalanya lingkungan kerja terasa sepi, misalnya ketika anda tinggal sendirian sambil lembur hingga tengah malam, sedangkan rekan asuransi lain sudah lebih dahulu pulang. Kebosanan bisa ditepis dengan makan makanan ringan atau snack juga minum segelas kopi atau teh. Ini adalah tips yang juga sering saya lakukan saat bosan dalam bekerja.

Anda bisa membantu tugas rekan sesama agen asuransi


Tips ini untuk anda bosan kerja pertama yaitu membantu rekan. Jika anda bekerja pada sebuah tim agen asuransi atau punya banyak divisi didalamnya, cobalah untuk mendatangi rekan kerja dan menanyakan kepada mereka apakah dia butuh bantuan.

Baca juga : 11 Film Movie Asuransi yang Layak di Tonton Bersama Keluarga

Anda bisa membantu pekerjaannya, namun harus sesuai kemampuan anda juga. Selain bisa mengusir kebosanan, rekan kerja juga akan merasa terbantu, dan besar kemungkinan rekan tersebut akan melakukan hal yang sama di suatu hari nantinya. Jadi intinya dalah saling membantu, seperti simbiosis mutualisme.

Membersihkan area tempat kerja


Tips jitu melawan kebosanan selanjutnya yaitu membersihkan meja kerja, menata rapi ruangan dan menghias lokasi kerja dengan pernak-pernik mini, akan dapat membantu anda menghilangkan rasa bosan. Tidak perlu terlalu serius, misalnya dengan menata buku kedalam rak, mengatur posisi komputer dan merapikan meja saja sudah sangat membantu.

Mengembangkan passion


Setiap orang pasti punya hobi dan kesukaan yang berbeda. Saat kebosanan melanda di waktu bekerja, bisa dihindari dengan melakukan hobi yang sederhana. Misalnya jika anda senang membaca, anda bisa mencari referensi untuk dibaca di situs internet, atau bisa juga mengunduh ebook asuransi untuk bahan referensi.

Menyusun planning jangkah panjang


Perencanaan yang saya maksut adalah masterplan untuk hari besok, penjadwalan kegiatan, target apa yang harus dicapai dan membuat anggaran pengeluaran dalam periode tertentu, seperti skala mingguan dan bulanan. Menyusun perencanaan ini bisa ditulis pada smartphone atau menulis langsung di word atau excel.

Baca juga : Tips Bisnis Memanfaatkan Asuransi untuk Menarik Investor

Memulai bekerja dan mencari prospek lagi


Kebosanan akan langsung hilang jika anda segera memulai beraktivitas lagi. Karena dengan mengawalinya kembali, otomatis pemikiran dan kefokusan akan terpusat ke pekerjaan lagi, tentu saja kebosanan tersebut akan langsung hilang.

Mengecek hal kecil pada area pekerjaan


Disekeliling anda pastinya banyak alat bantu kerja yang setiap hari digunakan. Sebagai barang mati tentunya punya sifat "Rusak" dan "Longgar". Misalnya mengutak-atik CPU bekas, mengeratkan kabel Listrik dan lain-lain.

Mempelajari ilmu baru


Tips menghilangkan rasa bosan saat beraktivitas berikutnya adalah menggali ilmu baru. Saat sedang bekerja, jangan hanya melakukan pekerjaan saja, banyak hal yang bisa anda coba dalam upaya mengusir rasa bosan, termasuk mencari dan menggali ilmu baru.

Contoh yang bisa dilakukan adalah melihat-lihat pekerjaan rekan dan sedikit bertanya. Barangkali nanti terjadi Change Place, anda sudah tidak terlalu canggung lagi.

Kapan waktu yang tepat untuk resign?


Resign karena sudah bosan bekerja? Banyak faktor yang menjadi tolok ukur dalam hal ini. Sebagian para perintis karir memang datang dari mereka yang awalnya bekerja untuk orang lain, kemudian resign dan berhasil mengembangkan usaha rintisannya.

Namun yang menjadi pertimbangan adalah pendidikan. Jika anda berhenti bekerja dan memulai mencari pekerjaan baru diluar sana, anda harus menerima bahwa saingan selanjutnya adalah ribuan Fresh Graduated dan pengangguran yang mengharapkan pekerjaan anda saat ini.

Baca juga : Materi Asuransi, Defenisi, Jenis dan Tujuan Asuransi secara Umum

Pengalaman yang berbeda. Ini memang bisa membantu anda untuk menemukan profesi baru yang diinginkan. Namun masalahnya, pengalaman yang anda punya tentu tidak memberi banyak dampak terhadap profesi dambaan, karena tidak sama lagi atau sudah berbeda jalur.

Anda juga harus mengandalkan pengalaman. Pengalaman atau ilmu sudah dirasa banyak, apakah di profesi baru akan berlaku? Saya rasa tidak. Sudah jelas dari awal anda ingin menemukan profesi yang berbeda, bagaimana bisa pengalaman dari perusahaan lama bisa teraplikasi, sedangkan tugas yang diemban sudah berbeda jauh? Paling hanya pengalaman dalam segi teamwork dan kepemimpinan saja.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar