Skip to main content

follow us


Bekerja dan berusaha adalah hak setiap orang untuk  menghidupi dirinya sendiri. Namun apa jadinya bila bekerja tidak dilindungi oleh suatu mekanisme perlindungan yang disebut dengan proteksi asuransi dan jaminan sosial? Faktanya masih banyak para pekerja di Indonesia mengabaikan hal penting hal ini, begitu juga dengan pihak perusahaan dan negara.

Pada kesempatan kali ini AsuransiD akan membahas seputar pentingnya hak pekerja untuk dilindungi kehidupan dan kesehatannya ditempat kerja. Mari kita mulai pembahasanya satu per satu. Jangan lupa bookmart AsuransiD di browser milik anda supaya terus mendapatkan informasi terbaru mengenai asuransi di Indonesia.

 Jika anda adalah pekerja muda yang belum memiliki jaminan terhadap perawatan kesehatan apabila anda sakit, maka bisa jadi anda termasuk dalam 80 % penduduk dunia yang belum memiliki jaminan asuransi yang memadai.

Baca juga : Install Aplikasi Asuransi Terbaik untuk Android, iOS dan Windows

Sebelum menuntut hakmu terhadap jaminan sosial mari pelajari terlebih dahulu apa saja jaminan sosial itu? Jaminan sosial adalah satu bentuk proteksi sosial dalam bentuk asuransi yang wajib disediakan negara untuk memenuhi kebutuhan hidup dasar yang layak bagi setiap warga negara.

Jaminan sosial merupakan hak setiap warga negara yang diatur oleh undang-undang. Jaminan ini diberikan negara dalam bentuk berbagai tunjangan, seperti tunjangan kesehatan yang mencakup perawatan medis, konsultasi dokter, dan biaya rumah sakit.

Selain itu ada tunjangan sakit di mana penyedia kerja berkewajiban membayarkan gaji pekerja yang sakit, tunjangan bersalin bagi ibu yang melahirkan, tunjangan penggangguran yang diberikan bagi orang yang tidak lagi bekerja bukan karena kesalahan sendiri (belum ada di Indonesia).

Ada juga tunjungan kecelakaan kerja, tunjangan invaliditas bagi pekerja yang menjadi tidak berdaya
akibat pekerjaannya atau pekerja disabilitas dan tunjangan hari tua atau pensiun.

Mengapa Asuransi dan Jaminan Sosial Pekerja Penting?


Banyak anak muda atau pekerja yang masih mengabaikan pentingnya jaminan sosial ini dalam kehidupan mereka. Padahal, jaminan ini sangat penting untuk memastikan kesejahteraan hidup kita
dan keluarga di saat membutuhkan perawatan kesehatan, mengalami kecelakaan kerja, tidak mampu lagi bekerja karena usia, dan sebagainya.

Baca juga : Alasan Pentingnya Asuransi Perjalanan untuk Masyarakat di Indonesia

Untuk jaminan ini, anda harus menyisihkan sebagian kecil gaji bulanan anda. Biasanya pemberi kerja akan memotong sebagian gaji pekerja untuk membayar iuran jaminan sosial ini. Cek slip gaji anda untuk tahu besaran gaji yang dipotong ya.

Setiap negara memiliki skema jaminan sosial yang berbeda-beda. Di Indonesia dikenal dengan Sistem Jaminan Sosial Nasional atau SJSN yang diatur dalam UU No. 40 Tahun 2004. Kewajiban pemerintah ini diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan yang terfokus kepada jaminan kesehatan serta BPJS Ketenagakerjaan yang terfokus kepada jaminan kecelakaan kerja, jaminan hari tua,
jaminan pensiun, dan jaminan kematian.

Perbedaan Asuransi dan Jaminan Sosial


Apa perbedaan jaminan sosial dengan asuransi? Pada prinsipnya, jaminan sosial sangat berbeda dengan asuransi. Jaminan sosial merupakan program pemenuhan hak warga negara yang dilaksanakan oleh pemerintah dan diatur oleh undang-undang.

Sedangkan asuransi adalah program proteksi individu yang dijalankan perusahaan swasta atau badan usaha milik negara (BUMN). Beberapa perbedaan yang membedakan jaminan sosial dan asuransi, yaitu:

Baca juga : Daftar Situs Informasi Asuransi Terbaik di Indonesia

Iuran jaminan sosial lebih terjangkau dan besarannya menentukan kelas jaminan sosial yang akan didapat. Sedangkan iuran asuransi sangat bervariasi, semakin besar iurannya, semakin luas cakupan tanggungannya.

Seluruh warga negara wajib memiliki jaminan sosial, sementara, asuransi tidak wajib dimiliki dan siapa pun boleh mendaftarkan dirinya untuk memiliki asuransi.

Proteksi yang diberikan jaminan sosial tidak memiliki batasan selama sejalan dengan aturan yang ditetapkan, sementara, proteksi asuransi sangat terbatas karena tergantung jenis asuransi yang diambil.

Sekarang anda sudah tahu bahwa sebagai warga negara, anda berhak atas jaminan sosial. Anda juga tahu bahwa pemerintah wajib memberikan jaminan sosial bagi seluruh warga negara. Jika anda belum memiliki jaminan sosial, pastikan anda segera mengurusnya agar hidup anda tidak dibayangi oleh ketidakpastian.

Baca juga : Tips Membedakan Kartu Asuransi BPJS Asli dan Palsu

Demikianlah artikel AsuransiD mengenai Pentingnya Asuransi dan Perlindungan Jaminan Sosial di Tempat Kerja kali ini, semoga bisa bermanfaat dan anda bisa sadar akan pentingnya hak keamanan dalam bekerja. Jangan lupa bagikan tulisan ini dan berikan komentar anda dibawah.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar