Skip to main content

follow us


Asuransi menjadi salah satu upaya proteksi dari berbagai resiko yang mungkin terjadi terhadap diri, keluarga dan aset yang kita miliki. Kesadaran akan pentingnya asuransi memang sudah mulai meningkat belakangan ini, terutama jenis asuransi kesehatan. Nah seperti apa tips dalam membeli asuransi kesehatan?

Sebelum memutuskan membeli asuransi kesehatan, anda perlu mengenal lebih jauh apa itu asuransi kesehatan.

Semua orang, siapa pun itu pastinya tidak ada yang ingin sakit. Namun pada hakikatnya, penyakit adalah bagian yang tidak terpisahkan dalam hidup manusia. Mungkin pertanyaan yang lebih relevan adalah apa yang bisa kita lakukan ketika kita jatuh sakit?

Kita semua tahu kalau biaya pengobatan jaman sekarang itu mahal sekali. Akan tetapi kalau punya asuransi kesehatan, setidaknya kita tidak perlu terlalu khawatir mengenai masalah biaya pengobatan.

Baca juga : Mengenal Asuransi Jenis UnitLink, Perlindungan sekaligus Investasi

Sebelum punya asuransi kesehatan, ada baiknya kalau kita memperhatikan hal-hal berikut ini. Seperti anda harus mencari tahu mengenai seluk belu perusahaan asuransi yang anda beli, yaitu dengan memiilih asuransi dari perusahaan yang dapat dipercaya perusahaan asuransi yang memiliki kredibilitas yang baik biasanya akan memberikan pelayanan yang baik pula.

Anda mungkin bisa memulainya dengan mengecek di laman Otoritas Jasa Keuangan (OJK), apakah perusahaan asuransi yang Anda inginkan sudah terdaftar di OJK. Selanjutnya adalah menentukan jenis asuransi kesehatan yang akan anada ambil. Ada dua jenis pembayaran dalam asuransi kesehatan.

Sistem Reimburse


Sistem reimburse memerlukan proses dimana seluruh biaya pengobatan harus kita bayar terlebih dahulu, baru kemudian kita bisa klaim ke pihak asuransi .

Sistem Kartu


Sistem ini juga dikenal dengan sistem cashless. Perbedaannya dengan sistem reimburse adalah sistem kartu tidak ada pembayaran di depan. Semua akan diurus oleh pihak asuransi. Perbedaan inilah yang menyebabkan premi sistem cashless lebih mahal dari sistem reimburse

Mintalah daftar rumah sakit yang memiliki kerjasama dengan perusahaan asuransi tersebut. Apakah ada disekitar area tempat tinggal kita? Atau jauh letaknya?

Jika kita pergi ke rumah sakit yang belum bekerja sama dengan perusahaan asuransi kita. Kita akan lebih sulit dalam melakukan proses pembayaran

Biasanya biaya yang diganti adalah biaya rawat jalan, biaya rawat inap, serta biaya harian rawat inap

Jika kita sudah memiliki asuransi dari kantor, dengan jumlah pertanggungan yang sudah cukup untuk saat ini, kita tidak perlu lagi membeli asuransi kesehatan. Dana yang ada sebaiknya digunakan untuk keperluan lain misalnya untuk berinvestasi

Pilihlah asuransi yang memberikan jaringan rumah sakit yang luas, hal ini akan bermanfaat ketika ketika anda sedang berada di luar kota dan tiba-tiba harus berurusan dengan rumah sakit, dan perusahaan asuransi anda memiliki kerja sama yang luas dengan rumah sakit setempat.

Baca juga : Kesalahan yang Sering Kita Lakukan Saat Membeli Asuransi Pertama Kalinya

Untuk coverage yang lebih maksimal, ayo kita pilih asuransi kesehatan murni yaitu berolahraga yang rutin untuk menjaga kesehatan.  Akan tetapi dengan mempunyai asuransi kesehatan juga pada akhirnya akan menjaga kita dari kerugian finansial.

Terimakasih sudah berkunjung di blog AsuransiD kali ini. Jangan lupa berikan komentar dan share tulisan ini dimedia sosial milik anda. Semoga bermanfaat !

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar