Skip to main content

follow us


Hari ini keberadaan asuransi sudah menjadi hal penting untuk diperhitungkan bagi setiap keluarga. Tidak hanya orangtua, anak yang menjadi aset paling berharga juga semestinya memiliki produk asuransi untuk menjamin masa depan mereka agar lebih cerah.

Lalu bagaimana cara memilih produk asuransi yang terbaik? Setiap orang tentunya memiliki kebutuhan dan kondisi yang berbeda beda, tergantung dari pendapatan, resiko dan jumlah anggota keluarganya. Jadi memilih produk asuransi tidak bisa sembarangan dengan hanya mengikuti kehendak teman atau orang lain.

Perlu kalkulasi, perhitungan dan pertimbangan yang matang agar nantinya asuransi yang anda pilih benar benar memberikan manfaat, bukan justru merugikan dan sebenarnya tidak anda butuhkan. Seperti apa tips nya? kali ini AsuransiD akan membahasnya untuk anda.

Baca juga : Pentingnya Asuransi Perjalanan untuk Traveller di Indonesia

Sebelumnya anda harus mengetahui terlebih dahulu jenis jenis asuransi yang ada. Asuransi yang banyak terdapat di Indonesia diantaranya adalah asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi kendaraan, asuransi properti, asuransi pendidikan, asuransi bisnis, asuransi umum, asuransi kredit, dan asuransi perjalanan.

Nah seterusnya apabila anda sudah mengetahui beberapa jenis asuransi diatas, dan memilih salah satunya, maka yang perlu dilakukan adalah mencoba menerapkan beberapa tips dibawah ini agar nantinya anda tidak merasa dirugikan dalam membeli asuransi. Berikut adalah beberapa tipsnya.

Tips memilih asuransi untuk keluarga


Berikut ini beberapa tips dan langkah sederhana supaya anda bisa memilih asuransi yang sesuai dengan kebutuhan, diantaranya :

Kenali produk asuransi dan sesuaikan dengan kebutuhan anda


Ada berbagai jenis asuransi yang ditawarkan oleh agen asuransi, apabila anda mendatangi perusahaan asuransi. Yang perlu diingat adalah tidak semua produk asuransi perlu anda miliki. Setiap orang punya kondisi finansial yang berbeda-beda, sehingga kebutuhan akan jenis dan produk asuransi pun tentu berbeda pula. Intinya anda jangan asal beli. Cukupkan pengetahuan anda untuk mengenali produknya terlebih dulu.

Track record perusahaan asuransi


Hal ini sangat penting. Ibarat kata orang, pengalaman adalah indikator yang paling sempurna untuk menilai seberapa berkualitasnya suatu perusahaan. Anda perlu mengecek kembali mengenai rekam jejak perusahaan asuransi yang akan anda beli polis-nya.

Baca juga : 10 Situs Blog Asuransi Terbaik Berisi Informasi dan Produk di Indonesia

Cek apakah perusahaan asuransi tersebut sudah terdaftar di Kementerian Keuangan atau tidak (cek di www.bapepam.go.id). Cara sederhana tersebut merupakan langkah paling praktis untuk mengetahuai kualitas perusahaannya apakah cukup sehat sehingga mampu melayani klaim nasabah.

Ada banyak kasus nasabah yang sulit mendapatkan klaim yang menjadi haknya. Selain sulitnya klaim, pelayanan yang tidak memadai seperti agen asuransi yang tidak mengerti atau tidak bisa menjelaskan produk yang ditawarkan seringkali terjadi,yang berakibat merugikan anda nantinya.

Memilih polis dari setiap produk asuransi


Ternyata bukan hanya memilih jenis asuransi semata yang perlu anda perhatikan, akan tetapi juga perlu memilih polis dari setiap produk asuransi yang ada. Anda perlu membaca klausul polis dengan teliti agar nantinya benar-benar memahami biaya dan manfaat perlindungan yang diperoleh.

Tidak jarang hal ini sangat sering menimpa kaum awam dalam memilih asuransi. Ada banyak ketidaksesuaian perlindungan dari polis yang dipilih dan kurang memenuhi kebutuhan, atau sebaliknya polis yang dibeli justru melebihi kebutuhan sehingga mubazir

Pertimbangkan premi, nilai pertanggungan dan pelayanan


Dalam asuransi ada yang namanya premi dan nilai pertanggungan. Jenis asuransi yang sama sekalipun, ternyata nilai premi yang diberikan antara satu perusahaan asuransi dengan perusahaan asuransi lainnya jelas berbeda. Hal ini biasa dikenal dengan istilah company policy.

Maka kemudian anda harus memilah milah mana nilai pertanggungan dan pelayanan yang sesuai yang ditawarkan oleh beberapa perusahaan asuransi yang setara namun nilai preminya cukup bersaing.

Perhatikan penyebab utama terjadinya risiko


Ada banyak permasalahan yang muncul dikemudian hari mengenai sulitnya klaim. Hal ini biasanya ketidak sesuaian kesepakatan dengan resiko yang terjadi. Oleh karena itu perusahaan asuransi hanya akan mengganti klaim atas kerugian yang disebabkan oleh faktor yang telah menjadi kesepakatan.

Baca juga : Tips Membeli Asuransi Kesehatan yang Bagus dan Sesuai dengan Kebutuhan

Seperti misalnya, dalam asuranasi kesehatan jelas tidak semua jenis pengobatan penyakit ditanggung asuransi kesehatan karena ada beberapa pengecualian. Oleh karena itu baca benar benar mengenai kesepakatan asuransi yang akan anda beli, jangan sampai dikemudian hari anda sulit melakukan klaim

Demikianlah pembahasan artikel kita kali ini, semoga bisa membantu anda dalam menemukan produk asuransi yang benar benar sesuai dengan kebutuhan. Karena memilih asuransi tidak boleh sembarangan, haruslah melalui berbagai pertimbangan yang matang.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar