Skip to main content

follow us


Banyak orang mencari makalah asuransi untuk sekedar mengetahui materi, pengertian, konsep serta fungsi dari asuransi itu seperti apa. Kali ini tim AsuransiD akan menjabarkan secara terperinci mengenai salah satu produk layanan perlindungan yang sangat dibutuhkan masyarakat milenial seperti zaman sekarang ini.

Pernah mendengar kata Asuransi? Pastinya sering ya. Apalagi banyak dari teman atau kerabat kita yang justru berprofesi sebagai agen asuransi yang secara massif dan konsisten selalu memperkenalkan produk polis kepada orang orang disekitar.

Berbicara mengenai asuransi, untuk mempermudah pemahaman orang awam mengenai asuransi itu seperti apa, bisa kita ibaratkan sebagai "persiapan payung sebelum hujan" atau mempersiapkan diri sebelum terjadinya resiko.

Resiko apa? Banyak. Yang namanya hidup, anda pasti pernah mendengar istilah "hidup penuh resiko" bukan? nah hidup penuh resiko memang. Resiko itu bisa berupa penyakit, kecelakaan, bangkrut, kerugian materi, kerusakan barang, cacat tubuh hingga meninggal dunia.

Baca juga : Tips Memilih Perusahaan Asuransi Terbaik untuk Orangtua dan Anak

Nah untuk menanggulangi resiko yang tidak diinginkan dimasa yang akan datang tersebut, maka diperlukanlah perusahaan yang mau menanggung resiko tersebut. Emangnya ada? apa mereka tidak merugi? Jadi inilah konsep dasar Asuransi yang sebenarnya. Perusahaan asuransi yang mau menanggung resiko yang bakal dihadapi nasabah baik perorangan maupun badan usaha.

Hal ini disebabkan perusahaan asuransi merupakan perusahaan yang melakukan usaha pertanggung jawaban terhadap resiko yang akan dihadapi oleh nasabahnya. Darimana keuntungan perusahaan tersebut ? Dari biaya premi yang dibebankan kepada setiap nasabahnya yang dibayarkan secara berkala dengan besaran dan syarat yang bermacam macam.

Defenisi Asuransi secara umum dan menurut para ahli


Kitab Undang-undang Hukum Dagang menyebutkan defenisi Asuransi sebagai suatu pertanggungan yang berbentuk suatu perjanjian dengan mana seorang penangung mengikatkan diri kepada seorang tertanggung, dengan menerima suatu Premi, untuk memberikan penggantian kepadanya karena suatu kerugian, kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharapakan, yang mungkin akan diderita karena suatu peristiwa yang tak tertentu.

Menurut Wiryono Prodjodikoro, Asuransi adalah sebuah persetujuan yang dimana pihak yang menjamin berjanji kepada pihak yang dijamin, untuk menerima sejumlah uang sebagai pengganti kerugian, yang mungkin diderita oleh penjamin, karena diakibatkan oleh suatu peristiwa yang belum jelas.

Menurut Arthur William dan Richard, Asuransi adalah sebuah bentuk pengamanan terhadap suatu kerugian finansial yang dilakukan oleh seorang penanggung. Berdasarkan sudut pandang hukum, asuransi adalah sebuah persetujuan dengan mana dua atau lebih orang atau badan mengumpulkan dana untuk menanggulangi suatu kerugian finansial.

Menurut Muhammad Muslehuddin, Asuransi merupakan suatu persediaan yang disiapkan oleh sekelompok orang yang tertimpa kerugian untuk menghadapi kejadian yang tidak jelas diramalkan, sehingga bila kerugian tersebut menimpa salah seorang diantara mereka, maka beban kerugian tersebut akan disebarkan ke seluruh kelompok.

Baca juga : Pentingnya Asuransi Perjalanan untuk Traveller di Indonesia

Terakhir menurut Robert I. Mehr, Asuransi merupakan suatu alat dalam mengurangi resiko dengan menggabungkan sejumlah unit yang beresiko agar kerugian individu secara kolektif dapat diprediksi. Kerugian yang dapat diprediksi tersebut kemudian dibadi dan didistribusikan secara proporsional diantara semua unit dalam gabung tersebut.

Tujuan Asuransi secara umum


Setiap produk ekonomi sudah pasti memiliki tujuan untuk dibuat, begitu juga dengan asuransi. Asuransi pada dasarnya memiliki tujuan awal sebagai bentuk proteksi. Secara lebih detail lagi bisa diartikakn untuk mengalihkan segala resiko yang ditimbulkan dari setiap peristiwa yang tidak diharapkan terjadi kepada orang lain yang mengambil resiko untuk mengganti kerugian.

Seperti yang kita ketahui, bahwa lebih mudah apabila yang menanggung resiko dari kekurangan atau kerugian material itu beberapa orang daripada satu orang saja, dan akan memberikan suatu kepastian mengenai kestabilan dari nilai yang hilang tersebut jika anda mengalihkan resiko itu kepada perusahaan asuransi

Orang lain yang menerima resiko tersebut, yang disebut penanggung bukanlah semata melakukan itu untuk membantu sesama saja dan bukan pula dengan tindakan itu kepentingan mereka menjadi korban untuk membayar sejumlah uang pengganti kerugian yang ditimbulkan atas suatu peristiwa yang tidak disengaja. Akan tetapi ada prinsip keterikatakan, aturan dan persyaratan yang apabila sudah memenuhi maka proses klaim bisa diselesaikan.

Jenis jenis asuransi


Secara umum ada banyak jenis asuransi yang perlu anda ketahui, setiap jenis nya memiliki kebijakan dan proteksi yang berbeda pula. Diantaranya jenis asuransi sebagai berikut :

1. Asuransi Jiwa

Sering mendengar jenis asuransi ini? Ya betul sekali, asuransi ini bertujuan untuk melindungi jiwa atau dengan kata lain apabila yang bersangkutan meninggal dunia, maka pihak penerima manfaat seperti istri atau kelurga.

Baca juga : 10 Situs Blog Asuransi Terbaik Berisi Informasi dan Produk di Indonesia

Untuk sistem pembayaran jenis asuransi jiwa ini pun bermacam-macam. Ada perusahaan asuransi yang memberikan pembayaran dan manfaat asuransi setelah kematian dan yang lainnya bisa memungkinkan tertanggung untuk mengklaim dana sebelum kematiannya.

2. Asuransi Kesehatan

Termasuk salah satu jenis asuransi paling banyak dipakai oleh masyarakat Indonesia saat ini. Asuransi kesehatan adalah produk yang menyanggupi masalah kesehatan tertanggung karena suatu penyakit dan menanggung biaya perawatan. Kebanyakan penyebab sakit tertanggung yang biayanya bisa ditanggung oleh perusahaan asuransi adalah cedera, cacat, sakit, hingga kematian karena kecelakaan.

3. Asuransi Properti

Asuransi properti memberikan perlindungan terhadap kehilangan atau kerusakan yang mungkin terjadi pada barang atau bagian tertentu dari properti seperti rumah, apartemen, villa atau lainnya milik pribadi tertanggung. Asuransi ini juga melindungi dan memberikan keringanan bilamana rumah atau properti tertanggung lainnya mengalami musibah seperti kebakaran.

4. Asuransi Kendaraan dan Perjalanan

Sebenarnya 2 jenis asuransi ini sangat berbeda tujuan dan mekanisme pertanggungannya. Asuransi kendaraan seperti namanya, akan melindungi kendaraan anda baik berupa mobil atau kendaraaan lainnya. Sementara kendaraan perjalanan adalah proteksi jiwa ketika sedang melakukan perjalanan menggunakan kendaraan.

5. Asuransi Pendidikan

Asuransi yang paling penting bagi anak anak kita. Mahalnya biaya pendidikan dan kondisi lain yang memperburuk ekonomi seperti melemahnya mata uang Rupiah terhadap dollar Amerika berpengaruh pada biaya pendidikan anak nantinya. Oleh karena itu, melindungi pendidikan anak sejak dini bisa dilakukan lewat asuransi pendidikan ini.

6. Asuransi Bisnis

Asuransi ini melindungi elemen penting dari sebuah bisnis. Seperti misalnya memberi penggantian dari kerusakan yang akibat kebakaran, ledakan, gempa bumi, petir, banjir, angin ribut, hujan, tabrakan, hingga kerusuhan.

Ada cukup banyak manfaat yang ditawarkan seperti perlindungan terhadap karyawan sebagai aset bisnis, perlindungan investasi dan bisnis, asuransi jiwa menyeluruh untuk seluruh karyawan, hingga paket perlindungan asuransi kesehatan bagi karyawan.

7. Asuransi Umum

Asuransi umum adalah bentuk perlindungan terhadap resiko kerugian dan kehilangan manfaat dan tanggung jawab hukum pada pihak ketiga. Jaminan asuransi ini bersifat temporary, dan diklasifikasikan menjadi 2 jenis yaitu asuransi sukarela dan jaminan sosial.

Baca juga : Tips Membeli Asuransi Kesehatan yang Bagus dan Sesuai dengan Kebutuhan

Demikianlah pembahasan mengenai Materi Asuransi, Defenisi, Jenis dan Tujuan Asuransi secara Umum kali ini, semoga bisa membantu anda yang saat ini mencari sumber referensi. Jangan lupa bagikan tulisan ini di media sosial.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar