5 Cara Investasi Memilih Asuransi Properti yang Baik dan Benar


Investasi properti saat ini memang menjadi trend positif, karena selalu memberikan nilai yang semakin hari semakin tinggi harganya. Masyarakat milenial mulai menyadari akan keterbatasan ruang di daerah perkotaan, sehingga lebih memilih mengalokasikan uangnya kedalam bentuk properti seperti apartemen, tanah, rumah atau villa.

Beli hari ini, karena besok harga pasti naik. Itulah kira-kira bunyi iklan yang sering dipakai pengembang properti zaman sekarang. Apa betul kata iklan itu? Atau itu hanya sekedar trik marketing saja?

Jawabannya? Itu hanya trik marketing saja. Karena harga properti bisa naik, bisa tetap, bahkan juga bisa turun. Investasi properti walaupun terbilang aman, tetap memiliki banyak resiko. Bahkan, peraturan pemerintah yang dibuat untuk membatasi resiko,

Baca lainnya : Materi Asuransi, Defenisi, Jenis dan Tujuan Asuransi secara Umum

Seperti aturan Loan to Value pun sudah banyak disiasati oleh pengembang dengan cara pembayaran yang beraneka ragam.

Tips Investasi Properti yang Aman


Untuk mengurangi resiko dalam berinvestasi properti, anda harus memperhatikan beberapa hal yang sudah kami rangkum dalam beberapa poin dibawah ini, yaitu :

Pertama, apakah kita mengerti konsep yang ditawarkan oleh pengembang. Misalnya konsep hunian hijau terpadu, atau konsep superblok.

Kedua, apakah lokasi properti yang ditawarkan, apakah berada di lokasi yang baru yang masih memiliki banyak peluang untuk apresiasi. Atau lokasi ada di posisi yang sudah cukup lama, dan peluang untuk apresiasi harga itu sudah terbatas

Siapa pengembangnya? Pengembang lama memang memiliki pengalaman dan reputasi, tapi bukan berarti pengembang baru tidak memiliki prospek cerah.

Dunia properti memiliki banyak musim. Jadi mari kita pahami musim-musim tersebut. Supaya kita bisa mendapatkan harga yang terbaik pada waktu yang terbaik.

Ketiga, yang harus kita perhatikan adalah cerdas dalam membeli. Apakah kita memahami kondisi keuangan kita saat ini? Apakah kita bayar tunai, atau bayar KPR? Jika tunai, diskusi kita selesai sampai disini.

Tapi jika bayar pakai KPR, berapa besar kemampuan cicilan bulanan kita? Berapa besar suku bunga KPR yang ditawarkan. Lebih menarik pakai KPR konvensional, atau KPR syariah? Untuk bisa memperoleh KPR ini, lengkapi seluruh persyaratannya.

Tips memilih Asuransi Properti yang Baik dan Benar


1. Perusahaan Asuransi sudah terdaftar di AAJI dan OJK


Hal ini penting karena AAJI adalah perkumpulan asuransi seluruh Indonesia dan OJK adalah otoritas yang mewadahi setiap lembaga finansial yang menandakan bahwa setiap perusahaan yang sudah terdaftar didalam lembaga ini, bisa disimpulkan perusahaan asuransi tersebut bukan abal abal. Walaupun anda harus tetap memperhatikan track record dari perusahaan tersebut.

Baca juga : Polis Asuransi yang Cocok untuk Kendaraan Mobil di Musim Hujan

2. Kalkulasikan kebutuhan asuransi properti anda


Sangt sering kita tidak mengetahui kebutuhan kita dengan tepat dalam membeli asuransi. Membeli asuransi properti tidak sama dengan membeli produk tangible (dapat dilihat, disentuh) contohnya seperti mobil, rumah dan lainnya. Oleh karena itu perhitungan yang tepat dan matang akan memberikan manfaat dikemudian hari.

3. Bandingkan dengan Asuransi Properti lain


Jangan mau memilih asuransi hanya dengan perkataan dari saudara atau kenalan dekat saja. Anda harus mencari perusahaan asuransi lain yang menawarkan produk serupa, kemudian bandingkan dengan kelebihan dan kekurangan nya masing masing. Setelah yakin dengan pilihan anda, maka jangan tunda lagi segera beli asuransi tersebut.

4. Baca ulang syarat dan ketentuan polis


Pastikan membaca ulang ketentuan asuransi properti yang akan anda pilih pada saat polis sudah jadi, apakah sudah sesuai dengan kesepakatan pada saat proses pembelian asuransi. Hal ini sangat penting supaya nantinya tidak ada kesulitan dalam proses klaim sehingga anda tidak merasa dirugikan sama sekali.

5. Pertimbangkan dengan matang


Membeli asuransi tidak bisa sehari langsung dipikirkan. Pikirkan dengan sangat matang mengenai biaya premi yang dibutuhkan nantinya. Anda juga harus mempelajari dengan cermat beberapa hal yang harus diperhatian sebelum membeli produk asuransi properti yang akan digunakan, tentu akan membantu dalam memilih produk asuransi yang tepat yang sesuai dengan kebutuhan. Untuk itu, sekali lagi pertimbangkan dengan baik sebelum memilih.

Baca juga : 10 Situs Blog Asuransi Terbaik Berisi Informasi dan Produk di Indonesia

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Investasi dan Memilih Asuransi Properti yang Baik dan Benar kali ini, semoga bisa memberikan inspirasi dan referensi bagi anda yang akan membeli properti sebagai salah satu instrumen investasi yang paling potesional tahun ini.

Belum ada Komentar untuk "5 Cara Investasi Memilih Asuransi Properti yang Baik dan Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel