Cara Membedakan Kartu Asuransi BPJS Asli dengan yang Palsu

asuransi bpjs

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial merupakan salah badan hukum publik milik negara yang menyediakan produk asuransi kesehatan dan ketenagakerjaan yang kini banyak dipakai oleh masyarakat di Indonesia. Belakangan ini, ada banyak beredar kartu BPJS yang palsu dan tentunya merugikan pihak rumah sakit. Bagaimana membedakannya? mari simak pembahasannya dibawah ini.

Banyak oknum yang tidak bertanggung jawab, memanfaatkan ketika pihak BPJS banyak dipakai oleh masyarakat. Kamu harus lebih berhati hati dan cermat mengunakan kartu BPJS. Contohnnya saja belum lama ini banyak sekali masyarakat yang ditipu dengan adanya oknum yang bekerjasama dengan perangkat desa membuka jasa pembuatan kartu BPJS Palsu.

Harga yang ditawarkan cukup fantastis yaitu Rp.100.000 dan lebih mirisnya kartu BPJS ini sama sekali tidak membutuhkan dana premi setiap bulannya, padahal kalau masalah kesehatan sendiri dan tentu saja untuk asuransi hidup yang ditanggung pemerintah membutuhkan dana premi.

Sebenarnya ada cukup banyak perbedaan kartu BPJS asli dan yang palsu dimana sampai saat ini masih beredar secara luas disekitar masyarakat kita. Sebagai orang yang masih awam mengenai kartu BPJS kesehatan dan ketenagakerjaaan, mungkin alangkah lebih baiknya jika menyimak artikel ini terlebih dahulu agar anda sama sekali tidak dirugikan oleh oknum tersebut.

Baca juga : Daftar Asuransi Kesehatan Terbaik untuk si Buah Hati di Indonesia

Untuk orang yang sudah mempunyai BPJS palsu ini tidak akan bisa menggunakan layanan BPJS di puskesmas, rumah sakit atau layanan kesehatan lainnya karena nomor kartu untuk BPJS sendiri tidak akan terdaftar dan tidak akan pernah aktif. Maka dari itu simak ulasan cara membedakan kartu BPJS asli dan yang palsu.

Cara Membedakan Kartu Asuransi BPJS Asli dan Palsu


Berikut adalah beberapa perbedaan yang bisa membuat kamu lebih lega untuk mengetahi mana yang asli dan mana yang palsu, diantaranya sebagai berikut :

Kartu BPJS asli membutuhkan dana yang lebih besar untuk proses pembuatannya dan membutuhkan premi setiap bulannya.
Kartu BPJS asli mempunyai nomor ID yang aktif dan terdaftar.
Untuk jenis kartu BPJS perorangan mempunyai gambar pulau Indonesia yang lebih menonjol dan lebih jelas, untuk yang palsu sama sekali tidak mempunyai gambar yang jelas dan terlihat lebih polos.
Bagian belakang kartu BPJS asli mempunyai 3 peraturan resmi dan BPJS Palsu memiliki 8 Peraturan.
Kartu BPJS asli memiliki print kartu BPJS yang lebih rapi dan jelas beda dengan yang palsu
Bentuk kartu BJPS asli lebih kaku dan terlihat seperti KTP atau kartu ATM. Untuk yang palsu hanya menggunakan kertas biasa yang hanya dilapisi laminating
Barcode terlihat jelas, sedangkan yang palsu terlihat sangat berantakan dan blur

Cara cek keaslian kartu BPJS anda


Untuk cara mengetahui mana kartu BPJS kesehatan yang asli dan palsu bisa menggunakan aplikasi dari Pihak BPJS yang sudah di upload ke playstore, dengan menggunakan aplikasi tersebut anda bisa mengetahui Nomor ID BPJS anda asli atau palsu.

Baca juga : Pengertian dan Manfaat Asuransi UnitLink, Sebagai Investasi Bisnis

Kemudian dengan cara menggunakan website resmi BPJS yaitu BPJS KESEHATAN. Kemudian untuk pendaftarannya sendiri anda bisa mengunjungi link disini. Bagi yang sudah memegang Kartu BPJS, bisa memeriksa keasliannya di Call Canter BPJS Resmi 1500400.

Sekian pembasahan seputar Cara Membedakan Kartu Asuransi BPJS Asli dan Palsu kali ini, semoga bisa membantu masyarakat kita supaya lebih cerdas lagi dalam memanfaatkan asuransi ini. Jangan lupa share tulisan ini supaya teman teman anda yang lain juga tidak tertipu. Terimakasih sudah berkomentar.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membedakan Kartu Asuransi BPJS Asli dengan yang Palsu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel